Video Of Day

Information Center

Pesantren Kilat Ramadhan

 

Potret Kegiatan Pesantren Kilat Telah Berakhir yang dilaksanakan selama 2 minggu pada Bulan Ramadhan 1444 H.

Sekilas Tentang Pesantren Kilat

Hal pertama yang akan kita bahas pertama adalah pengertian dari pesantren kilat. Memahami pengertian kegiatan pesantren kilat bisa kita jadikan sebagai landasan atau pondasi pemahaman pesantren kilat sebelum membahas lebih dalam lagi semua hal yang berhubungan dengan pesantren kilat.

Kalimat atau istilah pesantren kilat berasal dari dua kata, yaitu pesantren dan kilat. Jika dilihat dari Kamus Bahasa Indonesia atau KBBI, kata pesantren memiliki arti asrama tempat para santri atau tempat murid-murid untuk belajar mengaji dan hal lain yang berhubungan dengan agama.

Sedangkan kata kilat memiliki arti sebagai sesuatu yang dikerjakan dalam waktu yang singkat. Tentunya, kalian juga tahu jika pesantren biasanya memiliki bentuk sebuah lembaga, yang mana didalamnya terdapat berbagai macam kegiatan aktivitas keagamaan dengan sejumlah santriwan dan santriwati yang belajar di dalam pondok atau pesantren tersebut.

Di dalam pondok, ada kyai yang akan memberikan pendidikan kepada para santriwan dan santriwati dengan segala fasilitas yang telah disediakan oleh pondok atau pesantren tersebut. Tentunya, para santriwan dan santriwati akan menjadikan pondok sebagai tempat mereka tinggal selama menempuh ilmu di sana.


Namun, berbeda dengan pesantren kilat yang di imana sebenarnya pesantren kilat merupakan suatu hal alternatif dari kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, diadakannya pesantren kilat ini bertujuan untuk untuk bisa lebih memantapkan pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT.

Itu artinya, kegiatan pesantren kilat memang ditujukan khusus bagi para siswa yang memeluk agama Islam dengan menggunakan pola dan tata cara kehidupan di dalam pesantren, tetapi dilakukan di dalam lingkungan sekolah. Selain itu, biasanya kegiatan pesantren kilat memang diwajibkan untuk diikuti oleh para siswa yang memeluk agama Islam pada sekolah atau lembaga pendidikan yang sedang mengadakan kegiatan pesantren kilat tersebut.

Src:https://www.gramedia.com/best-seller/pesantren-kilat-adalah/


Tidak ada komentar

Berikan Komentar